Kamis, 31 Mei 2012

Teknisi Galau

Kalau galau jangan risau

Jadi inget suatu cerita yang disuguhkan teman waktu pas ngopi bareng di rumah. Waktu itu hari minggu ya sekitar 2 minggu yang lalu. Dia cerita kepada saya kebetulan teman saya itu seorang teknisi mesin fotocopy.Ketika dia sedang fotocopy di tempat fotocopy yang ada dekat rumahnya pada saat itu juga ada seorang teknisi juga sedang kutak-kutik mesin fotocopy. Wajahnya tidak nampak karena tertutup body mesin fotocopy. Saat teman saya hendak masuk dan bilang “mas fotocopy dong”,  lalu operator menjawab”tunggu sebentar ya mas, sebentar lagi selesai” Tak lama kemudian teknisi itu yang sedang kutak – kutik terbangun dan “pak mesinnya sudah OK” lalu segeralah operator itu memfotocopy. Dengan peDEnya teknisi itu bilang “ Pak jangan pake mesin ini lagi ya… mesin ini ga bisa di ajak usaha, mesin ini rewel” (sambil menunjuk ke logo mesin Canon IR 6570).”Lebih baik bapak membeli satu mesin lagi tapi iR 5000 saja pak”. (teknisi itu menambahkan)
.
Dari penggalan cerita diatas dapat digambarkan bahwa pengusaha copy center membuka usaha fotocopy dengan menggunakan mesin  fotocopy Canon iR 6570. Dan mungkin mesin sedang ada masalah lalu ia memanggil teknisi freelance untuk menyelesaikan masalah yang ada. “ Ada apa dengan iR 6570 dan ada apa juga dengan iR 5000”
Dunia fotocopy menyimpan banyak cerita. Mengapa teknisi selalu membangga-banggakan iR 5000 di banding dengan mesin generasi penggantinya ya seperti iR 6570, iR 5050, dan juga iR 5075. Dan siapakah yang jadi korban atas semua kerancuan ini???,,, Yap para pengusaha fotocopy lah yang menjadi korban kebingungan dalam memilih mesin untuk usaha apalagi dia masih pemula dan belum banyak mengerti tentang fotocopy.

Untuk anda yang ingin membuka usaha fotocopy tidak usah bingung dan takut untuk memulai sebuah usaha. Berikut saya paparkan beberapa perbandingan antara iR 5000/6000/5020 dengan iR6570/5050/5075 :
iR 5000/6000/5020 :

Kelebihan
1.        Mesin lebih stabil walau daya listrik kurang dari 2200 watt
2.       Operator/konsumen lebuh familiar/ terbiasa
3.       Teknisi sudah banyak menguasai service
4.       System pemanas(fixing )  masih menggunakan lampu halogen lamp heater

Kekurangan
1.       Waktu ready mesin lebih lama karena menggunakan lampu halogen heater
2.       Banyak beredar mesin iR 5000 ex lokal alias bukan asli rekondisi import (palsu)
3.       Stok rekondisi import sedikit bahkan terdengar rumor mesin tidak akan masuk lagi ke Indonesia.
4.       Harga selangit karena mesin sedikit dan menjadi rebutan baik penjual apalagi pembeli.
5.       Display panel kecil dan hitam putih
iR 6570/5050/5075 :

Kelebihan
1.       Mesin lebih stabil setelah bagian elektronik disesuaikan dengan kebutuhan & kondisi listrik(PLN)
2.       Hasil black copy lebih blok setelah ada perubahan (R/D)
3.       Waktu ready lebih cepat hanya 30 detik
4.        Harga mesin lebih murah
5.       Rekondisi import terjamin ( asli import luar negeri)
6.       Display panel lebih besar dan berwarna(colour)
7.       Teknisi sudah banyak yang menguasai kendala pada mesin itu.

Kekurangan
1.       Harus stabil tegangan (220V) dan daya listrik 2200 watt
2.       Menggunakan stabilizer sebagai penstabil tegangan

Itulah beberapa perbandingan mesin iR 5000/6000/5020 dengan mesin iR 6570/5050/5075 untuk anda yang ingin membuka usaha fotocopy silahkan pertimbangkan apa yang telah tadi dijabarkan. Jadi so jangan takut menggunakan mesin fotocopy apapun sehingga kita takut untuk membuka sebuah usaha fotocopy. Semua type mesin pada dasarnya bagus dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mesin tersebut. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi mesin lama akan tergeser dengan mesin yang baru itu sudah merupakan hukum dagang. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan mencari tau apa kelebihan dari mesin yang baru.
Salam sukses!!



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar